This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Senin, 14 Mei 2012

Program Editor Foto Online

Editor : Fitur untuk melakukan edit seperti Pemotongan, Ubah Ukuran, Menambah Bingkai, Efek Warna dan Pencahayaan, Penambahan Objek seperti Gambar Kartun, Teks dan lain sebagainya.
klik DISINI  untuk mulai mengedit foto

Membuat Peta 3D dengan CorelDRAW


Yang dimaksud peta 3D disini adalah peta lokasi untuk kelengapan undangan, karena peta adalah bagian yang tak terpisahkan  dalam kita membuat undangan pernikahan. Kalau peta Topograpy yang 3D seperti miliknya Mbah google ada trik tersendiri, tapi dengan menggunakan CorelDRAW kita akan memerlukan waktu yang agak lama.
Pada coretan kali ini, akan dibuat peta 3D yang untuk kekengkapan undangan.
Langkah-langkahnya sebagai berikut;
1. Dengan Freehand tool pada Toolbox buat line (garis) yang nantinya merupakan jalur dari keadaan jalan yang ada. Caranya pilih Freehand tool dan klik pada area kerja (lepas mouse) geser ke arah lain dan klik, maka garis akan  terbentuk.
Sekarang buat jalur jalan sesuai dengan yang Mas Bro kehendaki
Untuk membuat kurva (lengkung), klik Shape tool pada Toolbox, kemudian di Property bar pilih Convert to curve
Dan geser keluar sedekit seperti gambar dibawah ini.
Langkah selanjutnya atur ketebalan pada line dengan tekan F12 kemudian pada kotak dialoq ketikkan 5.0 mm pada Width, hasilnya seperti gambar di bawah.
Selanjutnya tekan Ctrl+Shift+Q untuk merubah line menjadi object kurva, kemudian  seleksi semua object, pada property bar klik Weld.
Hasil penggabungan dari beberapa object dengan menu Weld seperti gambar dibawah ini kalau di lihat dengan tampilan/ View –> Wireframe;
Langkah selanjutnya, pada Menu Bar Pilih Effects –> pilih Add Perspective
Kemudian atur sudut pandang dengan menentukan titik mata, sampai hasilnya seperti gambar dibawah ini;
Untuk finising atur menurut kreasimu sendiri, kalau aku hasilnya seperti gambar dibawah ini, dan gambar peta siap untuk digabung dengan desain undangan yang kita buat.

Cara membuat kalender dengan program Corel Draw 11

1. Klik di Tools >Visual Basic > Play

2. Pada bagian Macros in pilih Calendar Wizard dan klik “Run”
3. Tampil munculan pengaturan untuk kalender.
Calendar Date : pengaturan untuk bulan dan tahun apa yang mau dibuat di kalender. Kalau mau membuat untuk satu tahun kedepan, klik “All” untuk centang semua bulan dan tentukan tahunnya.
Calendar Language : Pengaturan bahasa. Kita bisa memakai bahasa Indonesia dengan membuat baru, klik “New..” dan tentukan nama-namanya.
Tanggal merah juga bisa kita tentukan dengan mengklik “Holidays”
Ada 3 tab pengaturan : Page Layout,Large:Header, Large:Body.
- Page Layout
Margins : Untuk mengatur posisi kalender di kertas dari atas (Top), bawah (Bottom), kiri (Left), dan kanan (Right).
- Large:Header
Title : disini yang dimaksud title adalah nama bulannya. bisa diaturBorder..yaitu garis batas di sebelah kiri, kanan, atas, bawah. Show Year untuk menunjukkan tahun.
header : yang dimaksud header adalah nama harinya. Bisa diatur “Style” nya dengan singkatan atau “Full Word”..
header highlights : pengaturan untuk hari minggu.
- Large:Body
Pengaturan nomor-nomor tanggalnya.
Pengaturan kalender standar : ukuran dan jenis font Orientation dan Highlights sama.
Jika pengaturan sudah selesai, klik Generate.
Pengaturan kalendar yang sudah di-generate tidak bisa diubah. Kita bisa mengubahnya secara manual dengan cara Ctrl+A dan klik Ungroup tetapi lama kalau kita buat 12 bulan karena harus menyamakan semua 12 halamannya.
gampang kan..iya donk teman-teman kan pada pinter.
Selamat Mencoba !

Membuat Stempel Di coreldraw


Membuat Stempel Di coreldraw
stempel warna
Dalam artikel kali ini, kita akan bahas mengenai pembuatan stempel dengan aplikasi desain Coreldraw yang sudah tidak asing lagi bagi para desainer grafis, cara sederhana dan cukup mudah dalam pengerjaannya.
Tahapan Membuat Stempel Dalam coreldraw :
  1. Jalankan aplikasi coreldraw yang sudah ter install di kompi / laptop anda lalu buka halaman baru pada coreldraw dengan mengklik New blank document, seperti gambar di bawah ini :
    Membuat Stempel Di coreldraw
  2. Buatlah sebuah lingkaran pada media dengan mengklik menu Ellipse Tool yang terletak disebelah kiri halaman atau tekan F7 pada keyboard anda,
    Membuat Stempel Di coreldraw
    selanjutnya Klik Tahan+geser(Drag) sambil menekan Ctrl pada keyboard anda, agar lingkaran yang dibuat jadi lebih sempurna.
    membuat lingkaran
  3. Kemudian klik mouse pada Pick tool, object lingkaran masih keadaan terpilih (aktif) tekan 2 kali tombol + (plus) di numpad (keyboard) untuk menggandakan, dengan tekan Ctrl, drag ke dalam sedikit, kemudian lingkaran hasil penggandaan yang kedua drag juga kedalam dengan ukuran yang lebih kecil (jangan lupa dengan tekan Ctrl)
    Membuat Stempel Di coreldraw
    Selanjutnya buat kotak dengan Rectangle tool (difungsikan sebagai object pemotong) dan tempatkan pada posisi seperti gambar dibawah ini (untuk memposisikan center cara yang paling cepat, Klik object kotak dan Shift klik object lingkaran dan tekan E dan C di Keyboard, perlu di ingat..! jangan terbalik, yang harus di klik object kotak dulu lo..!, dimanapun tempatnya object kotak akan mengarah pada object lingkaran dengan posisi center.... )

    Stempel coreldraw

     kemudian Pilih object lingkaran dan object kotak dan klik Back minus front pada Property bar, maka object lingkaran akan terpotong dan object kotak akan hilang dengan sendirinya. .
    Stempel coreldraw
  4. Selanjutnya buat object lingkaran lagi dengan men-copy object lingkaran yang sudah ada, keadaan object lingkaran masih dalam keadaan terpilih klik Text tool pada Toolbox, kemudian pada Menu bar pilih Text --> Fit Text To Path
    Membuat Stempel Di coreldraw
  5. buatlah teks apa saja yang Anda inginkan
    Membuat Stempel Di coreldraw
  6. Untuk membuat text yang melengkung dibawah, Text tool masih keadaan terpilih arahkan cursor ke object lingkaran bagian bawah kemudian ketikkan apa yang Anda inginkan
    Membuat Stempel Di coreldraw
  7. Kemudian klik Mirror text horizontally dan Mirror text vertically
    Contoh stempel
    Atur parameter pada Distance from path,
    parameter pada Distance from path
    dan Pada Offset
    Offset

  8. Kemudian klik Shape tool untuk mengatur spasi pada text
    Shape tool
  9. selanjutnya masukan teks ke dalam lingkaran dengan posisi Center 100 %ASLI stempel
  10. untuk pembatas buat object bintang dengan menggunakan Polygon tool, tekan + pada Numpad  untuk men-copy object bintang, dengan tekan Ctrl, drag object bintang ke samping.
    object bintang
  11. Proses awal selesai, dan untuk pengaturan warna, buat object kotak yang (yang berfungsi sebagai lensa) tempatkan persis diatas desain stempel yang sudah jadi, kemudian pada Menu bar klik Effect --> Lens, dan atur seperti langkah gambar dibawah ini
    lili solifah
  12. selesai. dan hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini :
    stempel lili solifah
  13. Untuk Vector Stempelnya silahkan download di bawah ini :
Vector Stempel  CDR
Catatan : Jika ada link Download yang rusak mohon beri tahu kami.

Mengenal Fungsi Text Tool Dalam coreldraw


| Coreldraw, selain sebagai software untuk menggambar, dapat juga digunakan sebagai platform
untuk publishing.
Sebagai sebuah publisher, Coreldraw antara lain harus:
  1. Dapat dengan mudah melakukan layout. Layout adalah pengaturan tata letak antar obyek dalam sebuah publikasi. Karena Coreldraw tidak saja object- oriented, tapi juga layer- oriented, maka jelas Coreldraw memenuhi syarat sebagai sebuah software publisher.
  2. Dukungan penuh terhadap teks dan editing teks. Coreldraw memiliki banyak tool dan fungsi yang berhubungan dengan teks, yang akan kita bahas dalam artikel ini.
  3. Hubungan yang harmonis antara gambar dan teks. Coreldraw dapat memasukkan gambar ke dalam teks, dan sebaliknya, menyingkirkan teks yang ter- overlap atau tertutup oleh gambar secara otomatis.
  4. Wysiwyg. Sifat “What you see is what you get” harus dimiliki oleh semua software yang mengakui dirinya sebagai software publisher. Wysiwyg mengandung arti bahwa apapun yang dihasilkan printer, akan sama persis dengan apa yang anda lihat pada tampilan di monitor, baik dalam hal bentuk, ukuran, warna (memerlukan fungsi color matching), dan sebagainya, sesuai kemampuan printer dan monitor yang digunakan. Dalam hal ini, kemampuan Coreldraw lebih dari cukup.


Dalam Coreldraw, sebagaimana software publisher lainnya, memiliki dua macam teks. Jenis pertama adalah untuk mengetik seperti word processor (body text), dan yang kedua adalah untuk membuat headline dan lain- lain. Sebagai contoh, dalam microsoft word dan microsoft publisher, untuk mengetik paragraf (body text), anda menggunakan text box, dan menggunakan word- art untuk membuat headline.
Text Tool
Coreldraw menyediakan paragraph text untuk mengetik, dan untuk sisanya anda dapat menggunakan artistic text. Keduanya dapat dibuat dengan text tool, dan dapat di- konversi dari paragraph ke artistic atau sebaliknya dengan mudah. Masing- masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing.

Artistic text dibuat dengan menggunakan text tool yang dapat diakses melalui toolbox atau shortcut [F8]. Dari sini anda dapat membuat artistic text dengan cara click pada area gambar, lalu mengetik huruf- huruf yang anda inginkan.

Text Tool
Paragraph text dibuat dengan men- drag cursor text tool pada area gambar sehingga membentuk area untuk pengetikan yang disebut text frame. Text frame bersifat konseptual dan tidak akan muncul pada hasil print.







Kedua bentuk text dapat diakses sebagai obyek, sebagai curve, maupun sebagai text, masing- masing dengan pick tool, shape tool [F10], dan text tool [F8]. Misalnya anda ingin meng- edit text paragraph atau artistic yang sudah ada, pilihlah text tersebut dengan text tool. Di lain pihak, bila anda ingin merubah ukuran atau posisinya, pilihlah text tersebut dengan pick tool, dan perlakukan sebagaimana obyek biasa.
Artistic Text Tool
Untuk kedua jenis text, pengetikan dan pemilihan efek- efek fonts dapat dilakukan melalui window format text dan edit text, yang masing- masing dapat diakses dengan shortcut ([ctrl]+ [T]) dan ([ctrl]+ [shift]+ [T]), atau melalui property bar editing text. Khususnya bila spesifi komputer kurang memadai, sebaiknya anda melakukan pengetikan pada window edit text, tidak langsung pada area gambar. Semoga Bermanfaat. di artikel selanjutnya kita akan Bahas mengenai Artistic text dengan pick tool.

Pengertian CorelDraw


Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.
Fasilitas Dasar Corel Draw

Quick Start

Pertama kali perangkat lunak CorelDRAW diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak dialog welcome. Pada kotak dialog ini, lembar proses yang yang dapat diaktifkan, yaitu:
  • quick start: aplikasi ini dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan ruang perancangan grafis baru atau pengubahan rancangan grafis yang pernah dibuat sebelumnya.
  • what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW X4.
  • learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak CorelDRAW mempelajari fasilitas yang disediakan.
  • galeri: galeri digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai CorelDRAW. Pada situs tersebut terdapat berbagai rancangan grafis profesional yang menggunakan perangkat lunak CorelDRAW.
  • updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs resmi perangkat lunak CorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu untuk memperbarui model sistem CorelDRAW.

Hints

Hints berada pada sisi kanan kotak dialog utama sistem. Fasilitas ini memberikan petunjuk apa dan bagaimana memproses suatu objek gambar/teks.

Menu Bar

Menu Bar berada pada bagian atas kotak dialog utama sistem. Sistem menu CorelDRAW X4 menggunakan standar sistem operasi Windows yang sangat memudahkan pemakaian.

Standard Toolbar

Standard toolbar terletak di bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkan simbol proses cepat. Misalnya terdapat simbol seperti folder untuk membuka suatu data grafis CorelDRAW.

Property Bar

Property bar adalah fasilitas tambahan yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Tujuannya untuk mempermudah pemakaian alat fasilitas toolbox terpilih. Property bar biasanya berada di bawah standard toolbar..

Toolbox

Toolbox biasanya terletak di bagian paling kiri. Sistem meletakkan sebagim memberi tanda lipatan pada sisi kanan bawah alat fasilitas toolbox yang memiliki subalat. Untuk menampilkan daftar subalat tersebut dapat dilakukan dengan mengklik dan menahan simbol alat yang bersangkutan.Jika kita masuk ke corel nanti error tak usa h diulangulang masuk-masuk terus,biar error toolbok,toolbar aneh tak seperti biasanya.

Status Bar

Sistem meletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat pada sisi bawah kotak dialog utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek gambar/teks dan/atau alat proses terpilih.

Color Palette

Color palette atau kotak warna terletak di bagian paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi warna pada objek gambar/teks cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan untuk memberi warna garis, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.

Dialog Box

Sistem CorelDRAW akan meletakkan sejumlah pilihan proses dari fasilitas yang komplek pada suatu kotak dialog. Fasilitas yang bersangkutan dapat diatur melalui kotak dialog tersebut. Misalnya, pengubahan format objek gambar dari vektor ke bitmap melalui menu bitmaps submenu convert to bitmap.

Docker

Sistem meletakkan sejumlah kotak dialog fasilitas yang (dianggap) sering digunakan dalam bentuk tetap pada sisi kanan kotak dialog. Format tersebut disebut dengan docker. Fasilitas ini dapar ditampilkan melalui menu window submenu docker.

Fixed/Floating Toolbar

Salah satu keistimewaan dari sistem CorelDRAW X4, yaitu fasilitas toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar, dan/atau property bar yang dapat digeser dan ditempatkan di sembarang lokasi. [1]

Operasi Dasar

Objek Garis

Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa:
  • freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
  • bezier tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
  • artistic media tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik. Dalam menentukan bentuk garis artistik tersebut, gunakan simbol yang ada di sisi kiri fasilitas property bar, lalu tentukan spesifikasi konfigurasinya pada sisi kanannya.
  • pen tool: pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool.
  • polyline tool: pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.
  • 3 point curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan cepat.
  • connector tool: alat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya, membentuk garis penghubung alur diagram.
  • dimension tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya. Untuk membentuk garis dimensi horizontal/vertikal secara otomatis, gunakan simbol auto aimension tool yang terdapat di sisi kiri fasilitas property bar ketika alat ini aktif.

Brosur

Brosur, pamflet, atau buklet adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul.[1]
Di Inggris dari abad ke-16 hingga abad ke-18, istilah pamphlet digunakan untuk ringkasan risalah yang kontroversial mengenai topik-topik aktual, umumnya berhubungan dengan agama atau politik.[1]

Bentuk dan isi

Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran (bahasa Inggris: leaflet, flier, atau flyer). Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.
Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Buklet sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil. Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.
Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik, sering menyertakan buklet berisi spesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan. Buklet yang menyertai barang elektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung.
Contoh penggunaan CorelDraw

Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca……

Fungsi Workday di Ms.Excell untuk mengetahui tanggal jatuh tempo


Fungsi ini sangat membantu kita yang sering melakukan planning atau ingin mengetahui tanggal jatuh tempo. Misalnya, hari ini tanggal 05/11/2008, maka dalam 75 hari kedepan jatuh pada tanggal berapa? pertanyaan ini sangat merepotkan kalau kita menghitungnya secara manual. lebih bermasalah lagi kalau perhitungan berdasarka hari kerja, sedangkan hari sabtu dan minggu tidak dihitung.
Di Ms.excell sebenarnya cukup mudah, gunakan formula ini:
=workday(start_day,days,holidays)

Ket :
Start_day = tanggal dimulainya perhitungan
days=jumlah hari yang diinginkan
Holidays=berupa array atau referensi pada sebuah sel yang berisi daftar hari libur yang ingin anda kecualikan

Tahap-tahap Pengolahan Data Komputerisasi



Di dalam pengolahan data baik secara manual maupun dengan komputerisasi terdiri dari tiga tahapan dasar yaitu input, proses, output. Dan tiga tahapan dasar tersebut dapat dikembangkan menjadi :

a. Orginating-Recording (Pencatatan)
Tahapan ini berhubungan dengan proses pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar atau formulir
b. Classifiying (Klasifikasi)
Tahapan ini memberikan identitas atau pengklasifikasian dalam data yang akan diolah, apakah identifikasi tersebut dilakukan untuk satu kelompok atau beberapa kelompok dari data yang nantinya merupakan karakteristik dari data yang bersangkutan
c. Sorting (Penyusunan)
Setelah data–data yang akan diolah diberikan identifikasi seperti diatas, maka data tersebut mungkin perlu diatur atau disusun sedemikian rupa, contohnya diurutkan menurut kode klasifikasinya
d. Calculating (Perhitungan)
Disini data dimanipulasi seperti pelaksanaan perhitungan– perhitungan atau disebut Calculating
e. Summarizing (Penyusunan Laporan)
Untuk memungkinkan dilakukan analisa terhadap data atau informasi yang dihasilkan, diperlukan penyimpulan atau pembuatan rekapitulasi laporan sesuai dengan keinginan pemakai informasi
f. Storing (Penyimpanan)
Storing atau penyimpanan data dan informasi yang sejenis ke dalam file untuk referensi dimasa yang akan datang perlu dilakukan. Dan media penyimpanan ada beberapa macam, disesuaikan dengan metode dan peralatan yang dipakai dalam sistem pengolahan data, seperti disk, kartu, dokumen


g. Retrieving (Pencarian)
Di dalam file yang disimpan, pencarian data atau retrieving biasa digunakan dengan cara penyimpanannya, terutama jika pengolahan datanya menggunakan komputer
h. Communicating (Komunikasi )
Dalam proses pengolahan data menjadi informasi, sampai informasi tersebut dipakai oleh user. Diperlukan suatu komunikasi sehinnga mempermudah proses pengolahan data menjadi informasi
i. Reproducing (Penggandaan )
Untuk pengamanan apabila data hilang atau rusak, juga untuk keperluan perusahaan lainnya bisa dilakukan dengan penggandaan dengan menggunakan mesin photocopy, disk, magnetic tape

Buku Panduan/Modul Membuat Blog dan Dasar-dasar Internet


Buku panduan ini saya buat sebagai wujud kontribusi saya untuk dunia pendidikan TIK di Indonesia, mesti sederhana saya harapkan anda bisa menambahkan atau membuat modul yang lebih baik dari yang saya buat. 
Modul ini saya buat dalam Ms.Word, agar bisa anda modifikasi...
akhirnya jika modul ini ada kekurangan , saya mohon maaf dan saya tunggu kritik&sarannya ke email dibawah ini :
fadilfachrudin@yahoo.co.id
Untuk Download, KLIK DISINI

Contoh Latihan/Modul Ms.Power Point


Berikut saya buatkan latihan-latihan bagi anda dosen/intruktur yang mengajar Ms.Power Point, silahkan anda modifikasi sendiri latihannya.
anda bisa mendownloadnya via ziddu.com
filenya berupa winrar anda tinggal mengekstraknya
Untuk Free Download, Klik Disini

Kelebihan Macromedia Flash



Macromedia Flash merupakan salah satu software aplikasi design grafis yang sangat populer saat ini teutama untuk membuat aplikasi animasi dalam efek yang spektakuler. Kesederhanaan tool yang disediakan serta kemampuan yang luas menjadikan Flash semakin digemari.
Beberapa alasan memilih Flash yaitu :

1. Hasil akhir Flash memiliki ukuran yang lebih kecil (setelah dipublish)
2. Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup.
3. Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol
4. Gambar Flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar vektor.
5. Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk seperti *.avi, *.gif, *.mov, maupun file dengan format lain.

Mengenal Macromedia Flash

Macromedia Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Macromedia, saat itu sebagai pengembangnya yang saat ini sudah dibeli oleh Adobe Incorporated sehingga berubah nama menjadi Adobe Flash, Flash didesain dengan kemapuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.

Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML.
Saya mulai mengenal Flash waktu kuliah Diploma Satu dulu, kadang sering iseng coba-coba software, termasuk didalamnya ada macromedia flash versi 5, kemudian berkembang kembali menjadi Macromedia 6 atau sering disebut sebagai macromedia MX, berkembang kembali menjadi Macromedia 7 atau sering disebut sebagai Macromedia MX 2004, dan berkembang kembali menjadi Macromedia Flash 8 dan saat ini setelah diberi oleh Adobe berkembang kembali menjadi Adobe Flash CS3
Dibawah ini adalah beberapa Screenshoo Tampilan Utama Flash :


Macromedia Flash 8
Macromedia Flash 8 - Adi Sumaryadi
Adobe Flash CS3
Adobe Flash CS3 by Adi Sumaryadi

Pada tulisan selanjutnya saya akan lebih banyak menggunakan Macromedia Flash 8 karena saya belum mendownload trialnya untuk yang terbaru yaitu Flash CS3. dan Jangan lupa untuk berkunjung kembali beberapa waktu kedepan, Insya Allah belajarnya akan bertahap dari dasar hingga membuat CD Interaktif yang Compleksss

TV Online

Secara umum di Indonesia Televisi disebut dengan TiVi, TeVe, atau TiPi. Sedangkan penulisannya dengan huruf T dan V yang digabung menjadi TV. Diasosiasikan sebagai kotak televisi, siaran televisi, acara televisi, atau wahana televisi.

Kata Televisi adalah serapan dari bahasa Inggris Television. Television berasal dari gabungan dua kata, tele, dari bahasa yunani, yang berarti jauh, dan visio, dari bahasa latin, yang berarti penglihatan atau pandangan. Bisa diartikan sebagai alat atau sarana melihat jarak jauh atau alat berkomunikasi jarak jauh yang menggunakan media penglihatan. Sedangkan definisi Televisi menurut pendapat umum adalah media komunikasi jarak jauh yang berfungsi menerima siaran gambar bergerak yang disertai suara dengan warna monochrome atau full color.
klik DISINI untuk memulai program TV Online 

Dampak Game Online pada Aktifitas Otak

 
Pertama , penurunan aktivitas gelombang otak depan yang memiliki peranansangat penting, dengan pengendalian emosi dan agresivitas sehingga mereka cepatmengalami perubahan mood, seperti mudah marah, mengalami masalah dalamhubungan sosial, tidak konsentrasi dan lain sebagainya.Kedua, penurunan aktifitas gelombang beta merupakan efek jangka panjangyang tetap berlangsung meskipun gamer tidak sedang bermain game. Dengan kata lain para gamer mengalami “autonomic nervesyaitu tubuh mengalami pengelabuankondisi dimana sekresi adrenalin meningkat, sehingga denyut jantung, tekanan darah,dan kebutuhan oksigen terpacu untuk meningkat. Bila tubuh dalam keadaan seperti inimaka yang terjadi pada gamer adalah otak mereka merespon bahaya sesungguhnya(serendip.brynmawr.edu/bb/neuro/neuro 04/web/ekandaras.html).Kedua dampak yang muncul tersebut sudah pasti akan menghambat proses belajar pelajar. Karena dengan adanya penurunan-penurunan gelombang pada tubuhtersebut menyebabkan gangguan dalam jangka yang pendek maupun panjang, tidak hanya dari segi psikologinya tetapi juga dari kesehatannya. Hal itu akan menurunkan prestasi belajarnya

Pengaruh Game Online terhadap Aspek Pendidikan

Pelajar yang gemar bermain game online adalah anak yang sangat menyukaitantangan. Anak-anak ini cenderung tidak menyukai rangsangan yang daya tariknyalemah, monoton, tidak menantang, dan lamban. Hal ini setidaknya berakibat pada proses belajar. Suasana kelas seolah-olah merupakan penjara bagi mereka. Tubuhnyaada di kelas tetapi pikiran, rasa penasaran, dan keinginannya ada di game online.Sepertinya sedang belajar, tetapi pikirannya sibuk mengolah bayang-bayang gameonline yang mendebarkan. Kadangkala anak juga jadi malas belajar atau seringmembolos sekolah hanya untuk bermain game. Biasanya beberapa beberapa darimereka yang bermain game adalah pelajar yang bermotivasi, dan berorientasi pada prestasi. Namun, kecanggihan game yang terus berkembang dan makin bertambah,masih menimbulkan tanda tanya apakah game berpengaruh pada orientasi prestasiseseorang

Pengertian Game dan Game Online

Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga adayang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengantujuan hiburan.Game online adalah game komputer yang dapat dimainkan oleh banyak pemainmelalui internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online atau dapat diakses langsung (mengunjungi halaman web yang bersangkutan) atau melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Game onlinedimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya menyebabkanradiasi pada mata, sehingga mata pun lelah dan biasanya diiringi dengan sakit kepala.Game online adalah game yang menyediakan server-server tertentu agar bisadimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak adaakhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu denganmenukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga denganmenjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisamencapai jutaan rupiah

Cara Membuat Logo Pepsi dengan CorelDraw



  • Sha
Cara Membuat Logo Pepsi dengan CorelDraw Cara membuat logo pepsi dengan coreldraw untuk desainer grafis dan pecinta desain logo yang ingin membuat desain logo profesional dengan cepat, bagus dan mudah. Berbeda dengan tutorial desain logo sebelumnya, saya membuat tutorial panduan desain coreldraw ini menggunakan video sehingga Anda mengetahui langkah demi langkah tanpa ada hal yang tidak ditampilkan / di skip. Diharapkan setelah melihat video tutorial ini Anda semakin paham tool dan cara memulai coreldraw untuk membuat sebuah karya desain.
Saya dulu belajar membuat desain logo dengan coreldraw melalui video-video tutorial ini. Dengan begitu saya mendapatkan look and feel yang sama ketika membuat logo sesuai dengan tuntunan yang ada di video tutorial coreldraw. Nah, banyak hal yang membuat saya tidak paham karena beberapa video tutorial dibuat sangat cepat dengan bahasa yang berbeda dan juga perintah pada keyboard yang tidak ditampilkan. Ya, itu membuat saya semakin bingung, pada awalnya. Nah, usut punya usut itu terjadi karena saya tidak paham tool dan fungsi yang Anda di CorelDraw. Yang pada perjalanannya kemudian saya tulis di website belajar desain ini. Saya berharap dengan tulsian pendahuluan atau tutorial CorelDraw untuk pemula membantu Anda dalam memahami cara menggunakan CorelDraw.
Cara Membuat Logo Pepsi dengan CorelDraw
Oleh karenanya, sangat dianjurkan sebelum melihat video tutorial ini Anda mengetahui secara mendasar cara menggunakan tool dan navigasi pada Coreldraw. Anda sudah paham menu, dan interface CorelDraw. Jika Anda belum pernah atau sekedar mengetahui CorelDraw sebaiknya Anda membaca dulu tutorial yang ada di AhliDesain.com pada tag tutorial CorelDraw tingkat pemula.
Mungkin Anda akan tertarik dengan tutorial di bawah ini yang berupa gambar bukan video tutorial.
  1. Cara membuat logo dengan CorelDraw
  2. Cara membuat logo ubuntu dengan CorelDraw
  3. Cara membuat stempel dengan CorelDraw
  4. Cara membuat Peta 3D dengan CorelDraw
  5. Cara membuat Logo 3D dengan CorelDraw
Jika diperlukan Anda bisa mendownload video tutorial berikut sehingga mudah untuk dipahami langkah demi langkah membuat desain logo tersebut. Anda bisa menggunakan orbit downloader atau Internet download manager untuk mengunduh video tutorial yang ada di AhliDesain.com tentunya semua untuk menunjang pembelajaran Anda menggunakan tool yang ada di CorelDraw. Anda juga dianjurkan untuk menggunakan browser Firefox untuk membuka website ahlidesain sehingga integrasi downloader lebih mudah dipakai. Sebagai pelenkap Anda bisa download video tutorial cara mendownload video di ahlidesain pada link berikut.
Terimakasih kepada teman dan sahabat kami ComputerTipsGuy yang telah membagikan pengalaman dan tutorial membuat desain logo pepsi dengan coreldraw ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Alat Yang Dibutuhkan untuk Membuat Jaringan LAN

» Alat Yang Dibutuhkan untuk Membuat Jaringan LAN

Alat Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan adalah sebagai berikut :
  1. Tang Crimping
  2. Connector RJ-45
  3. Kabel UTP
  4. Lan Card / Modem
  5. Tester
  6. Switch/Hub
  7. Sambungan ke Internet
1. Tang Crimping
krimping tools
Fungsi Crimping tools :
  • Memotong kabel
  • Melepas pembungkus kabel
  • Memasang konektor

2. Connector RJ - 45
konektor rj 45, connector rj-45
RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.

Baca Juga:

3. Kabel UTP
kabel utp
Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair). Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in USA ataupun Belkin.


Baca Juga:

4. LAN Card / Modem
lan card
modem, fungsi modem, harga modem terbaru
LAN Card (Kartu Jaringan) adalah adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone.

Baca Juga:

5. Tester
tester
Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.

Baca Juga:

6. Switch / Hub
switch
Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar. Hub perangkat penghubung Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain.

Baca Juga:

7. Sambungan ke Internet

internet
Ini yang paling penting, jika tidak sambungan ke internet maka jaringan kitapun tidak bisa berinternet.